1. Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengenal teknik 3D modeling yaitu Polygon Modeling.2. Alat
Cinema 4D R163. Bahan
tanpa bahan4. Dasar Teori
Polygonal modeling disebut juga dengan sculpting (memahat) karena proses/hasil dari teknik ini menyerupai memahat atau pahatan. Teknik polygonal modeling ini umumnya menggunakan obyek dasar pada standar primitives geometry dan kemudian dimodifikasi menjadi obyek yang diinginkan. Untuk memulai teknik ini obyek standar pada primitive geometry terlebih dahulu dikonversi menjadi editable mesh atau editable poly dan kemudian dengan memanipulasi atau editing pada vertex, edge, face, poly, border, atau element dapat digunakan untuk membuat model yang sangat kompleks sesuai kebutuhan dengan relatif cepat.
Polygonal Modeling, merupakan modeling yang terdiri dari vertices(vertex/titik), yang jika disambungkan akan membentuk sebuah edge(garis), sehingga jika disambungkan dengan edge lain dapat membentuk sebuah face (bidang).
Subdivision Surface merupakan teknik yang pertama dikenalkan oleh Ed Catmull dan Clark dari Pixar pada tahun 1978. Awalnya teknik ini hanya digunakan untuk merepresentasikan bidang yang halus, namun belakangan dimanfaatkan bersamaan dengan teknik yang bernama sculpting (pahat), sehingga memungkinkan seseorang memahat objek 3D dalam bentuk digital.
Smooth Shift adalah tool yang ada pada Cinema 4D yang digunakan untuk menghaluskan sebuah path
5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan6. Petunjuk Praktikum
7. Hasil Praktikum
1. Membuat bentuk polygon dasar
2. Memperhalus bentuk menggunakan subdivision surface
8. Kesimpulan
Pada praktikum ke 9 ini kita mencoba tentang membuat bentuk polygon dasar dan memperhalus bentuk menggunakann subdivision surface. Beberapa kesulitan sempat dialaami saat membuat bentuk polygon dasar. Awalnya karena pada video tutorial tidak ada audionya, dan banyak shortcut yang digunakan sehingga harus benar-benar teliti memperhatikan step-step pembuatan bentuk polygon dasar. Ada beberapa kesulitan pula, kadang object tidak bisa berubah apapun saat di move/scale dan belum tahu penyebabnya apa dan mengatasinya bagaimana. Sehingga saya harus mengulang dan membuat new file.
No comments:
Post a Comment