1. Tujuan
Praktikum ini bertujuan untuk mengenal contoh pembuatan material yang bersifat spesifik dalam hal ini adalah sebuah material yang terlihat seperti lampu stadion.2. Alat
Cinema 4D R163. Bahan
tanpa bahan4. Dasar Teori
Bump Map merupakan sebuah channel dalam C4D dimana merupakan gambar hitam putih dari lapisan permukaan texture pada material yang kita gunakan. Bagian yang terang adalah bagian permukaan tekstur yang timbul, sedangkan bagian yang gelap adalah bagian permukaan tekstur yang akan masuk ke dalam.Channel color adalah sebuah channel dalam C4D yang memiliki fungsi untuk memberikan warna material objek sesuai yang diinginkan
Reflectance atau reflektansi adalah jika suatu bahan disinari, cahaya yang keluar menjauhi bahan tidak semata mata berasal dari pemantulan oleh permukaan luar saja, akan tetapi cahaya juga bisa berasal dari fraksi cahaya yang berhasil lolos masuk ke dalam bahan, terpantul dan terhambur berulang kali oleh butiran-butiran bahan dan akhirnya keluar lagi dari permukaan semula menjauhi bahan.
Channel Reflectance adalah sebuah channel dalam C4D dimana fungsinya untuk memberikan pantulan cahaya pada objek seolah olah seperti lampu stadion.
Channel Luminance sebuah channel dalam C4D yang diaplikasikan pada objek untuk memberikan efek bercahaya pada objek tersebut.
Textures circles adalah sebuah texture/pola dalam channel-channel C4D dimana memberikan tekstur berbentuk lingkaran pada objek yang dipilih
5. Tugas Praktikum
Tirukan petunjuk praktikum yang diberikan6. Petunjuk Praktikum
Membuat material mirip lampu stadion
7. Hasil Praktikum
sertakan video hasil praktikum pada bagian ini8. Kesimpulan
Pada praktikum ke 8 mengenai cara membuat material lampu stadion, tahap-tahapnya cukup rumit dalam memilih dan mengatur channel-channelnya, namun tidak ada kesulitan saat pembuatan material ini.9. Referensi
Lynda.com – Motion Graphics Techniques: Creating a Sports Bumper
No comments:
Post a Comment