1. Tujuan
Mengenal bentuk lain pembuatan animasi. Yaitu pembuatan animasi menggunakan programming.2. Alat
Adobe Flash Professional CS63. Bahan
Flint Particle Engine
Download file tersebut kemudian extract. Ambil file “Flint2d_4.0.1.swc”
4. Dasar Teori
Membuat animasi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menggunakan programming. Salah satu bentuk programming untuk membuat animasi adalah Particle System.5. Tugas Praktikum
- Lakukan petunjuk praktikum yang diberikan
- Ubah posisi dari animasi tersebut
- Ubah warna dari animasi tersebut
- Ubah radius dari animasi tersebut
- Ubah posisi animasi tersebut setiap kali muncul
6. Petunjuk Praktikum
1. Buat project ActionScript 32. Buka action window dengan menekan tombol “actions” pada panel di sebelah kanan
3. Salin kode berikut pada “actions” window
import org.flintparticles.common.actions.*;
import org.flintparticles.common.counters.*;
import org.flintparticles.common.displayObjects.Dot;
import org.flintparticles.common.easing.Quadratic;
import org.flintparticles.common.events.EmitterEvent;
import org.flintparticles.common.initializers.*;
import org.flintparticles.twoD.actions.*;
import org.flintparticles.twoD.emitters.Emitter2D;
import org.flintparticles.twoD.initializers.*;
import org.flintparticles.twoD.renderers.*;
import org.flintparticles.twoD.zones.*;
var emitter:Emitter2D = new Emitter2D();
emitter.counter = new Blast( 700 );
emitter.addInitializer( new SharedImage( new Dot( 2 ) ) );
emitter.addInitializer( new ColorInit( 0xFFFFFF00, 0xFFFF6600 ) );
emitter.addInitializer( new Velocity( new DiscZone( new Point( 0, 0 ), 200, 120 ) ) );
emitter.addInitializer( new Lifetime( 5 ) );
emitter.addAction( new Age( Quadratic.easeIn ) );
emitter.addAction( new Move() );
emitter.addAction( new Fade() );
emitter.addAction( new Accelerate( 0, 50 ) );
emitter.addAction( new LinearDrag( 0.5 ) );
emitter.addEventListener( EmitterEvent.EMITTER_EMPTY, restart, false, 0, true );
var renderer:BitmapRenderer = new BitmapRenderer( new Rectangle( 0, 0, 500, 400 ) );
renderer.addFilter( new BlurFilter( 2, 2, 1 ) );
renderer.addFilter( new ColorMatrixFilter( [ 1,0,0,0,0,0,1,0,0,0,0,0,1,0,0,0,0,0,0.95,0 ] ) );
renderer.addEmitter( emitter );
addChild( renderer );
emitter.x = 250;
emitter.y = 150;
emitter.start();
function restart( ev:EmitterEvent ):void
{
Emitter2D( ev.target ).start();
}
1. Sehingga “actions” window berisi kode seperti berikut
2. Buka “ActionScript Setting”
3. Pilih tab “Library Path” klik icon “Browse to SWC”
4. Pilih file swc “Flint2d_4.0.1.swc”
5. Pastikan file swc tersebut muncul pada daftar
6. Tekan “OK” kemudian jalankan movie-nya (Test Movie, Ctrl + Enter)
import org.flintparticles.common.counters.*;
import org.flintparticles.common.displayObjects.Dot;
import org.flintparticles.common.easing.Quadratic;
import org.flintparticles.common.events.EmitterEvent;
import org.flintparticles.common.initializers.*;
import org.flintparticles.twoD.actions.*;
import org.flintparticles.twoD.emitters.Emitter2D;
import org.flintparticles.twoD.initializers.*;
import org.flintparticles.twoD.renderers.*;
import org.flintparticles.twoD.zones.*;
var emitter:Emitter2D = new Emitter2D();
emitter.counter = new Blast( 700 );
emitter.addInitializer( new SharedImage( new Dot( 2 ) ) );
emitter.addInitializer( new ColorInit( 0xFFFFFF00, 0xFFFF6600 ) );
emitter.addInitializer( new Velocity( new DiscZone( new Point( 0, 0 ), 200, 120 ) ) );
emitter.addInitializer( new Lifetime( 5 ) );
emitter.addAction( new Age( Quadratic.easeIn ) );
emitter.addAction( new Move() );
emitter.addAction( new Fade() );
emitter.addAction( new Accelerate( 0, 50 ) );
emitter.addAction( new LinearDrag( 0.5 ) );
emitter.addEventListener( EmitterEvent.EMITTER_EMPTY, restart, false, 0, true );
var renderer:BitmapRenderer = new BitmapRenderer( new Rectangle( 0, 0, 500, 400 ) );
renderer.addFilter( new BlurFilter( 2, 2, 1 ) );
renderer.addFilter( new ColorMatrixFilter( [ 1,0,0,0,0,0,1,0,0,0,0,0,1,0,0,0,0,0,0.95,0 ] ) );
renderer.addEmitter( emitter );
addChild( renderer );
emitter.x = 250;
emitter.y = 150;
emitter.start();
function restart( ev:EmitterEvent ):void
{
Emitter2D( ev.target ).start();
}
1. Sehingga “actions” window berisi kode seperti berikut
2. Buka “ActionScript Setting”
3. Pilih tab “Library Path” klik icon “Browse to SWC”
4. Pilih file swc “Flint2d_4.0.1.swc”
5. Pastikan file swc tersebut muncul pada daftar
6. Tekan “OK” kemudian jalankan movie-nya (Test Movie, Ctrl + Enter)
7. Hasil Praktikum
- Lakukan petunjuk praktikum yang diberikan
- Ubah posisi dari animasi tersebut
- Ubah warna dari animasi tersebut
- Ubah radius dari animasi tersebut
- Ubah posisi animasi tersebut setiap kali muncul
src="http://ximg.us/upload/1452327318.swf"
No comments:
Post a Comment