Prak 3 – Memperhalus Walk Cycle menggunakan Konsep Arcs
1. Tujuan
Memperhalus walk cycle menggunakan konsep Arcs
2. Bahan
Sebuah walk cycle yang memiliki kriteria berikut:
1. Pose lengkap (contact, down, passing, up)
2. Timing tepat ( 8 frame atau 16 frame )
3. Inbetween antar pose (seluruh frame terisi keyframe)
3. Alat
Adobe Flash Professional CS6
4. Dasar Teori
Salah satu cara memperhalus animasi adalah dengan memperhatikan
arcs-nya. Arcs yang dimaksud adalah lengkungan lintasan pergerakan.
Untuk gerakan walk cycle, arcs yang muncul lebih dari satu macam. Arcs
yang perlu diperhatikan pada walk cycle adalah arcs dari titik penting
sebuah stickman. Ada banyak titik penting yang perlu di-cek arcs-nya.
Salah satunya adalah titik tumit. berikut adalah contoh cara mengecek
arcs yang dihasilkan dari pergerakan tumit.
Cara mengecek arcs bisa dimulai dengan menandai titik pentingnya.
Pada video diatas, titik tumit ditandai dengan titik warna hijau.
Setelah seluruh titik tumit pada seluruh frame ditandai, maka kita akan
dapat kumpulan titik sebagai berikut
titik penanda posisi tumit pada setiap frame
jika titik-titik hijau tersebut dihubungkan, maka akan bisa
dievaluasi apakah animasinya sudah halus atau belum. jika garis yang
dihasilkan tidak berbentuk kurva mulus, maka animasinya termasuk kurang
halus.
berikut adalah contoh titik-titik yang menghasilkan arcs yang kurang
mulus. perhatikan pada daerah yang dilingkari biru. jika daerah ini
dibetulkan, yaitu dengan menggeser posisi tumit pada keyframe tersebut,
maka akan diperoleh hasil animasi yang lebih halus.
Contoh titik yang merusak arcs
5. Tugas Praktikum
Perbaiki arcs pada titik:
1. pinggul
2. tumit
6. Hasil Praktikum
7. Kesimpulan Praktikum
Dengan praktikum ini, kami dapat membuat animasi walkcycle menjadi lebih halus dalam pergerakan kaki dan pinggang. Dan kurva yang tergambar pada pinggang dan tumit sangat berpengaruh terhadap pergerakan walkcycle.
No comments:
Post a Comment